Jun 13, 2015

Tips Hidup Hemat di Bulan Puasa


Hidup hemat itu penting untuk diri sendiri bagi yang mau menerapkan ya. Tapi bagi kamu atau mereka yang tidak mau menerapkan yang tidak apa apa karena ini kan hak mereka. 

Hidup hemat itu bukan cuma untuk orang yang penghasilannya pas pasan tetapi banyak juga yang mempunyai penghasilan lebih tetapi mereka menerapkan hidup hemat. Nah kebetulan dalam beberapa hari lagi akan datang bulan yang penuh berkah yaitu bulan puasa atau bulan Ramadhan. Pada kesempatan ini kita akan berbagi tips hidup hemat saat bulan puasa.

Tips hemat di bulan puasa

Tips ini mungkin sasarannya adalah bagi mereka yang muslim, baiknya saat bulan puasa kan memang diwajibkan berpuasa dari makan dan minum , dari sini saja kita sudah bisa hemat untuk tidak makan dan minum alias jajan saat beraktifitas kantor, sekolah, kuliah dan lainnya. Tapi terkadang ada saja bulan puasa ko malah tambah boros. Tipsnya sebagai berikut:

Untuk Sahur

-Belilah beras
Yup beli beras lebih hemat membuat nasi sendiri ketimbang harus beli tapi sebelumnya sediakan dulu alat alat untuk memasak nasi seperti rice cooker kalaupun tidak ada ya harus ngaron atau menanak nasi secara manual dengan kompor dengan api kecil untuk menanaknya hal ini sudah terbukti oleh penulis sendiri. Beras disini dipakai untuk makan sahur.

-Beli sayur sop untuk hemat
kalau beras sudah bagaimana dengan lauknya..? tau lauk yang hemat dan bergizi..? sayur sop jawabannya karena isinya macam macam sayuran seperti kol, kentang, daun bawang, dan wortel. Dapat dibeli dengan harga Rp. 2000 ini gak bohong loh dan cukup untuk 3 porsi makan. Kalau ingin menambah coba untuk beli tempe yang hargnya Rp. 2000 juga. sebelumnya belanjanya pagi pagi ditukang sayur ya.



Untuk Berbuka
Nah ini yang lebih hemat lagi, kalau kalian memang niat hemat dibulan puasa ini. Saat saat menanti berbuka puasalah yang paling ditunggu tunggu karena tanpa uang sepeser pun Anda bisa berbuka dengan menu yang cukup untuk mengenyangkan perut. Caranya...?
-Berbuka puasa di Masjid atau Mushola karena sudah pasti disediakan takjil gratis kalau perlu cari masjid yang besar dan rame karena biasanya menu buka puasanya itu menu kotak lho dan isinya ayam goreng beserta nasi dan lauk lainnya.


Untuk yang mau bukber usahakan jangan sering sering yang ada nanti boros, boleh lah sekali bukber asal jangan keseringan aja. Tapi ingat jangan karena bukber lupa sama shalat magribnya.

Bagikan

Jangan lewatkan

Tips Hidup Hemat di Bulan Puasa
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.